SOSIALISASI PROGRAM KAMPUNG IKLIM (PROKLIM)

SOSIALISASI PROGRAM KAMPUNG IKLIM (PROKLIM)

Desa Meat merupakan salah satu Desa di Kecamatan Tampahan yang ikut serta dalam Pendaftaran Program Kampung Iklim.

Desa Meat terletak di Kecamatan Tampahan Kabupaten Toba, denggan ketinggian 919 mdpl. Jumlah penduduk desa Meat 752 jiwa dengan jumlah Kepala Keluarga sebanyak 223 KK dengan luas desa kurang lebih 300 Ha. Potensi sampah yang dihasilkan desa diperkirakan mencapai 300 kg/ hari atau sekitar 9 ton / bulan. Tidak ada sistem pengangkutan sampah di desa Meat, warga umumnya membuang sampah ke badan sungai, dibakar atau dikubur.

Program Kampung Iklim (Proklim) merupakan program berlingkup nasional dikelola oleh Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam rangka meningkatkan keterlibatan masyarakat dalam melakukan aksi dan mitigasi perubahan iklim, serta penurunan emisi gas rumah kaca.

Sosialisasi Program Kampung Iklim di Desa Meat, Senin (5/6/2023) dihadiri oleh Pemerintah Kabupaten Toba dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Toba, Pemerintah Kecamatan Tampahan, Kelompok tani Desa Meat, Pokdarwis, Kelompok Nelayan, Kelomok penenun serta masyarakat desa Meat bertempat di Pantai Simanjuntak Dusun I Desa Meat.

Program Kampung Iklim (Proklim) di Desa Meat akan dilaksanakan oleh Perkumpulan Arta Jaya atas dukungan PT Inalum bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Toba, Pemerintah Kecamatan Tampahan, Pemerintah Desa Meat, kelompok masyarakat dan siswa siswi SD Negeri 173531 Desa Meat. Perkumpulan Arta Jaya akan bekerja membantu masyarakat desa Meat untuk membangun sistem manajemen persampahan, melakukan pelatihan pemilahan sampah, memperkenalkan teknologi pengelolaan sampah plastik, tehnis pembuatan briket arang dari limbah dan pembuatan ecoenzym bersama siswa sekolah yang diharapkan dapat meningkatkan pendapatan / income masyarakat desa Meat.*

Leave a Reply

Your email address will not be published.